Pada tanggal 23 Februari 1813, pabrik kapas pertama di dunia yang mengerjakan seluruh proses dari memintal hingga menenun dibangun di Waltham, Massachusetts, AS. Pabrik tersebut adalah milik Boston Manufacturing Company yang didirikan oleh Francis Cabot Lowell dengan dana sebesar 100 ribu dollar AS.

Pabrik dibangun di tepi utara sungai Charles, yang dimanfaatkan untuk sumber tenaga air. Proses pembangunan selesai pada November 1813. Pada tahun berikutnya, baju-baju yang dihasilkan di Waltham telah dijual di Boston. Pabrik berkembang dengan pesat dan dalam waktu singkat mempekerjakan lebih dari 200 buruh. Lowell menjadi perintis perusahaan yang memperkerjakan kaum perempuan sebagai buruh pabrik tekstil. Mereka umumnya berusia 15-35 tahun dari kalangan keluarga petani New England. Upah mereka lebih rendah dibandingkan upah pekerja laki-laki. Fenomena itu kemudian disebut ''Sistem Lowell''.

Pabrik tersebut merupakan pabrik modern pertama di AS dan sumber-sumber sejarah acap menyebutnya sebagai awal dari revolusi industri negara adidaya tersebut.

Sumber: Surat Kabar Harian Kompas